Sheryl Sandberg Chief Operating Officer Di Facebook

0
3

Sheryl Sandberg adalah chief operating officer di Facebook, mengawasi operasi bisnis perusahaan. Sebelum Facebook, Sheryl adalah wakil presiden Penjualan dan Operasi Online Global di Google, kepala staf Departemen Keuangan Amerika Serikat di bawah Presiden Clinton, konsultan manajemen di McKinsey & Company, dan ekonom di Bank Dunia.

Sheryl menerima gelar BA summa cum laude dari Harvard University dan MBA dengan predikat tertinggi dari Harvard Business School.

Sheryl adalah rekan penulis OPSI B: Menghadapi Kesulitan, Membangun Ketahanan, dan Menemukan Sukacita bersama profesor Wharton dan penulis buku terlaris Adam Grant.

Dia juga penulis buku terlaris LEAN IN: Women, Work, and the Will to Lead and LEAN IN FOR GRUDATES. Dia adalah pendiri Sheryl Sandberg & Dave Goldberg Family Foundation, sebuah organisasi nirlaba yang bekerja untuk membangun dunia yang lebih setara dan tangguh melalui dua inisiatif utama, LeanIn.Org dan OptionB.Org. Sheryl melayani di dewan Facebook, Perusahaan Walt Disney, Women for Women International, ONE dan SurveyMonkey.

COO Facebook Sheryl Sandberg memicu perdebatan dan kontroversi mengenai peluang dan rintangan perempuan di dunia kerja dengan buku pertamanya, Lean In: Women, Work, and the Will to Lead.

Sandberg lulus summa cum laude dari Harvard dengan gelar BA di bidang ekonomi pada tahun 1991 dan bekerja sebentar di proyek-proyek kesehatan untuk Bank Dunia sebelum mendapatkan gelar MBA di bidang ekonomi dari Harvard pada tahun 1995.

Dari tahun 1996–2001 ia menjabat sebagai Kepala Staf untuk Menteri Luar Negeri AS Departemen Keuangan, mempelopori upaya untuk menghapus utang di negara berkembang. Dari 2001–2008 ia bekerja sebagai sbobet Wakil Presiden Penjualan dan Operasi Online Global Google dan meluncurkan Google.org, cabang filantropi perusahaan.

Dia kemudian menjadi COO Facebook, bertanggung jawab untuk membuat platform media sosial menguntungkan melalui iklan dan pemasaran. Dia menjadi anggota dewan direksi Facebook wanita pertama pada tahun 2012.

Dalam pembicaraan TED 2010 yang sangat populer, dia bertanya mengapa masih ada sedikit pemimpin bisnis wanita, menunjukkan bahwa wanita sering keluar dari kompetisi untuk promosi.

Buku terlarisnya tahun 2013, Lean In, memperluas ide-ide ini tetapi menimbulkan kontroversi ketika para kritikus memprotes bahwa Sandberg terlalu fokus pada perubahan perilaku perempuan dan mengabaikan kendala ekonomi dan sosial mereka.

Setelah kematian suaminya pada tahun 2015, Sandberg menulis Opsi B: Menghadapi Kesulitan, Membangun Ketahanan, dan Menemukan Sukacita, di mana dia berdua membahas proses berdukanya sendiri dan mengakui bagaimana asumsinya sebagai wanita istimewa dengan pasangan yang mendukung telah mewarnai nasihatnya sebelumnya untuk wanita lain.

Jalan Sandberg menuju kepemimpinan industri teknologi tidak biasa. Dia luar biasa dalam matematika di sekolah menengah dan menyelesaikan studi sarjananya di Harvard tanpa akses ke Internet atau ponsel. Pekerjaan pertamanya setelah Harvard adalah di Bank Dunia, di mana dia bekerja sebagai asisten peneliti untuk kepala ekonom Larry Summers sebelum kembali ke Harvard untuk mendapatkan gelar MBA.

Di masa-masa awal di Bank Dunia, dia terkadang menambah penghasilannya dengan mengajar kelas aerobik. Setelah Sandberg memperoleh gelar MBA, dia bergabung dengan Summers sebagai kepala stafnya di Departemen Keuangan AS, di mana dia menjabat sebagai wakil sekretaris dalam pemerintahan Clinton. Ketika Summers menjadi Menteri Keuangan, Sandberg tetap menjadi ajudan utamanya.

Pada tahun 2001, Sandberg pindah ke California untuk pekerjaan sebagai wakil presiden penjualan dan operasi online global di Google. Tanggung jawabnya di perusahaan mesin telusur yang masih muda namun berkembang ini mencakup penjualan iklan dan produk termasuk Google Buku. Dia tetap di Google hingga 2008, mendapatkan reputasi sebagai pemimpin bisnis yang ulung.

Pada tahun 2008, Sandberg bergabung dengan Facebook sebagai COO. Dia telah mengelola operasi bisnis perusahaan dengan fokus khusus pada ekspansi global. Tanggung jawabnya juga termasuk pemasaran, penjualan, pengembangan bisnis, dan sumber daya manusia.

Pada Juni 2022, Sandberg mengumumkan dia akan meninggalkan jabatan chief operating officer di Meta pada musim gugur untuk fokus pada filantropi yayasannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here